3 Tips Penting yang Wajib Diingat Ketika Mencari Web Hosting

Berita, Teknologi

Teknologi Informasi Pengguna internet pasti sudah tak asing lagi dengan nama atau pun istilah web hosting. Web hosting merupakan sebuah “wadah” dimana pemilik website meletakan semua file untuk website mereka di hosting tersebut. Sehingga nantinya semua orang dari seluruh penjuru dunia bisa mengakses website yang mereka miliki. Tanpa adanya web hosting, rasanya akan sulit untuk bisa mengakses atau pun membuat sebuah website.

Saat ini, di ramainya perkembangan dunia digital, ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan berbagai jenis web hosting. Baik itu perusahaan dari Indonesia maupun perusahaan dari luar negeri. Masing-masing perusahaan mungkin memberikan promo mereka masing-masing dengan harga yang bervariasi pula.

Biasanya diberikan berdasarkan dari domain hingga besarnya kapasitas dari web hosting tersebut sendiri. Kadang malah ada perusahaan domino88 yang menawarkan langganan web hosting tersebut dengan harga yang super terjangkau.

Namun seperti juga banyak hal lain, sebelum benar-benar memilih web hosting mana yang ingin digunakan, lebih dulu ketahui apa yang harus dicari atau dihindari dari sebuah web hosting. Di bawah ini, terdapat 3 tips penting yang wajib diingat ketika mencari web hosting.

1. Perhatikan bandwidth yang ditawarkan

Kadang kala ada banyak perusahaan web hosting yang menawarkan web hosting dengan harga super murah. Bahkan sudah dilengkapi dengan domain, hingga biaya berlangganan dan maintenance yang super terjangkau pula. Menarik sekali bukan? Tapi tunggu dulu. Sebelum kamu banyak tergoda dengan janji manis promosi dari para perusahaan web hosting lebih dulu perhatikan berapa banyak bandwidth yang ditawarkan.

Dalam server dan dunia web hosting, bandwidth bisa diandaikan sebuah jalan untuk masuknya pengunjung. Bandwidth juga sebagai wadah untuk menampung dari semua pengunjung tersebut. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan pada web hosting maka semakin besar jalan tersebut. Serta semakin besar juga beban yang bisa ditampung.

Katakan saja seperti ini. Bandwidth yang ditawarkan oleh web hosting yang kamu miliki hanya 5 GB saja. Maka jalan yang kamu miliki pun kecil. Sedangkan bila misalnya banyak pengunjung yang datang ke website kamu, jalan tersebut akan semakin penuh. Hingga bila tak bisa menampung lagi maka akan menjadi down.

Nah, sekarang tahu kan pentingnya bandwidth untuk web hosting?

2. Kapasitas web hosting

Setelah bandwidth, berikutnya yang penting untuk diperhatikan ialah kapasotas dari web hosting itu sendiri. Banyak sekali perusahaan yang menawarkan web hosting dengan harga terjangkau namun juga kapasitas web hosting yang kecil. Bahkan kadang terlalu kecil.

Kapasitas web hosting diperlukan untuk menampung file yang ada di website kamu. Umpamakan saja kapasitas web hosting ini sebagai sebuah ruangan dimana kamu akan meletakan semua hal mengenai website kamu di dalamnya. Mulai dari tema hingga semua file yang diunggah.

Nah bia kamu tak banyak menggunggah file dengan beban yang berat pada website, maka kapasitas web hosting sebanyak 5 hingga 10 GB saja seharusnya sudah cukup. Sebaliknya, bila yang kamu unggah justru video dan gambar dengan jumlah yang banyak, maka kapasitas web hosting yang lebih besar pun penting didapatkan.

Biasanya semakin besar kapasitas dari web hosting semakin mahal pula harga yang diberikan olen perusahaan web hosting tersebut. Namun pastinya sih sesuai dengan yang kamu dapatkan.

3. Keamanan web hosting

Terakhir yang penting sekali untuk diperhatikan ialah keamanan dari web hosting itu sendiri. web hosting seharusnya memiliki sistem keamanan yang baik dimana pengguna dan kamu juga mendapatkan sistem keamanan penuh. Dimana untuk memastikan tak ada data yang dicuri. Baik itu oleh orang luar atau pun oleh perusahaan nagapoker penyedia web hosting itu sendiri. Saat ini memang kebanyakan para penyedia web hosting akan mmeberikan harga tambahan untuk sistem keamanan yang lebih baik. Terutama untuk kamu yang menggunakan website untuk online shop dengan data-data pribadi pengguna.

Namun selain itu kamu juga bisa menggunakan sistem keamanan tambahan yang kamu berikan sendiri. Tentunya untuk memastikan data website yang ada di web hosting benar-benar aman.